Konfigurasi IP pada Cisco Catalyst

Pada kesempatan kali ini, saya akan sedikit berbagi ilmu mengenai catalyst. Mungkin beberapa diantara kita sudah tak asing lagi dengan alat yang satu ini. Bagi yang belum tahu, kita bahas bentar mengenai Cisco Catalyst. Benda satu ini adalah sebuah produk yang dikeluarkan oleh sebuah perusahaan bernama Cisco dan dinamakan Catalyst. Catalyst ini merupakan sebuah switch yang support vlan

Agar catalyst ini bisa diremote, maka hal pertama yang perlu dilakukan adalah memberikan alamat ip, otomatis kita akan mensetting vlan(virtual network) agar catalyst bisa diberikan sebuah IP address.

Baiklah, mari kita mulai saja. untuk meng-konfigurasi Catalyst, yang seharusnya disediakan adalah sebuah komputer, atau laptop dengan port COM, kabel Console, dan sebuah program Hyper Terminal. Kalau laptop anda tidak memiliki port COM, anda bisa memakai kabel converter dari COM (db-9) ke USB.
Langkah selanjutnya adalah menghubungkan kabel Console ke port COM komputer dan port Console Catalyst. Tentunya komputer dan Catalyst harus udah terhubung ke power supply. Selanjutnya buka program hyper terminal(apabila memakai windows vista bisa liat tutorial disini). Pilih nama port yang dipake buat terhubung ke Catalyst. Bikin speed rate nya jadi 9600. Nah, Catalyst sudah siap di konfigurasi.

router>enable
router#configure terminal
router(config)#vlan nomor-vlan
router(config-vlan)#name nama-vlan
router(config-vlan)#exit
router(config)#interface vlan 1
router(config-if)#ip address 192.168.100.1 255.255.255.0
router(config-if)#no shutdown
router(config-if)#end
router#

sekarang router anda sudah memiliki ip 192.168.100.1 dan sudah bisa diremote.
untuk melihat settingan yang barusan kita bisa mengetikkan command sebagai berikut.

router#show running-config

maka akan muncul semua setting pada catalyst anda.

Selamat mencoba...

0 komentar: